Friday, January 28, 2011

Komponent dalam hardisk

Tahukah anda tentang alat ini?Di manakah ia berada?Alat ini sebenarnya berada di dalam komputer anda.Mungkin ramai yang masih tidak tahu kan.Alat ini lah yang membolehkan komputer anda berfungsi bersama komponent-komponent lain di dalam komputer.Alat ini bertindak sebagai memori kepada komputer anda.Namun tahukah anda cara ianya berfungsi?
 
HARD DISK
Hard disk adalah suatu device dari PC yang berfungsi sebagai media penyimpan data (storage) dan juga termasuk ke dalam salah satu memori eksternal dari sebuah PC.

Hard disk sendiri terdiri dari berbagai komponen – komponen pembentuk hard disk dan akan dijelaskan di bawah ini.

Komponen Harddisk
Komponen-komponen hard disk, di antaranya :
Cakera logam (platter) yang berfungsi sebagai tempat penyimpan data. Jumlah cakera ini berbeza, mulai 1, 2,3 atau lebih. Cakera ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat-sangat tipis (ketebalan dalam orde per sejuta inchi). Pada saat ini digunakan teknologi thin film (seperti pada prosesor) untuk membuat lapisan tersebut.
Head, berupa kumparan. Head pada hard disk berbeza dengan head pada tape. Pada tape proses baca dan tulis (rakam) menggunakan dua head yang berbeza, sedangkan pada hard disk proses baca dan tulis menggunakan head yang sama. HD biasanya memiliki head untuk tiap-tiap sisi platter, untuk hard disk dengan 2 platter dapat memiliki sampai 4 head, hard disk dengan 3 platter dapat memiliki sampai 6 platter. Tetapi tidak bererti hardisk dengan 16 head harus memiliki 8 platter. Di sinilah kita kenal teknik translasi. Teknik ini akan diulas di bawah.
Rangkaian Elektronik pada PCB (printed circuit board) , terdiri dari:
Rangkaian penguat untuk pembacaan (read preamplifier) yang diperlukan kerana signal yang diperoleh head dari cakera sangat lemah.
DSP (digital signal processor), untuk proses yang berhubungan dengan signal-signal digital, seperti konversi signal listrik yang datang menjadi signal digital yang akan dituliskan ke cakera.
chip memory, digunakan sebagai cache buffer
sambungan, untuk melakukan komunikasi dengan CPU. Untuk HD IDE, jumlahnya 40 pin
Spindle dan actuator arm motor controller, untuk mengawal putaran cakera dan peletakkan head baca/tulis.




Motor dari hard disk berfungsi untuk memutar platter. Ketika komputer distart, motor ini mulai bekerja dan memperdengarkan suara yang khas. Jika suara ini tidak betol maka dapat diketahui bahawa motor HD tidak berfungsi dengan baik.
Kecepatan putar motor ini mulai dari 3600 rpm sampai 10000 rpm dengan arah berlawanan dengan arah perputaran jarum jam (counter-clockwise). Putaran yang sangat cepat ini mengakibatkan adanya daya pada permukaan piringan yang disebabkan oleh udara. Daya ini memungkinkan head untuk mengambang pada ketinggian beberapa mikro inchi di atas permukaan platter/cakera. di atas cakera. Drive semacam ini disebut bernoulli drive. “Ketinggian” ini jauh lebih kecil dibanding ukuran rambut manusia, apalagi debu dari rokok.

Jarak yang dekat ini dimaksudkan agar head dapat membaca atau menulis dengan kerapatan yang tinggi. Dengan jarak sedekat itu, Anda tidak perlu terlalu takut. Hard disk sudah dirancang agar dalam keadaan normal (harap diingat) head tidak menyentuh permukaan platter. Jika hard disk dimatikan, maka piringan akan berhenti berputar akibatnya daya yang mengangkat head akan hilang dan head akan mendarat di piringan. Lokasi pendaratan head sudah ditentukan pada daerah tertentu yang disebut landing zone (LZone) sehingga tidak akan merosakkan data yang ada pada daerah lain.

Jika dalam keadaan bekerja head sedikit saja tergoncang, maka akan menyebabkan head akan menyentuh permukaan piringan dan kemungkinan besar akan menyebabkan kehilangan data, kerosakan sebagian kecil dari cakera akan merosakkan head atau seluruh cakera. Bayangkan jika pada saat tertempel pada cakera akibat ada goncangan ada perintah bergerak ke tempat lain, maka head akan meninggalkan "jejak-jejak" bad sector pada piringan hard disk. Tapi pembuat hard disk sudah merancang agar head tetap stabil dalam keadaan goncangan tertentu, saat ini goncangan yang dapat ditoleransi mencapai 70 sampai 100 kali gravitasi (70-100 G).

No comments: